2 Tahun
3 Tahun
4 Tahun
5 Tahun

Program Usia 4 Tahun

Program pendidikan usia 4 tahun adalah jenjang TK A yang dilaksanakan di kelas Kupu-Kupu selama 3 jam 45 menit pada hari Senin s/d Kamis, hari Jumat anak-anak sekolah sampai jam 11.15 dengan tiga kegiatan utama yaitu: bermain bebas di luar, kegiatan terpimpin dan kegiatan sudut belajar. Seperti di kelas Playgroup, program pendidikan usia 4 tahun juga dirancang sesuai tema bulanan sehingga kegiatan harian menjadi suatu kesatuan yang berarti bagi anak. Tema dipilih sesuai minat anak dan jadwal harian berikut dilaksanakan dengan cukup fleksibel sehingga kebutuhan anak selalu dapat terpenuhi. 


Jadwal Kegiatan Kelas Kupu-Kupu Senin - Kamis (08:00-11:45 WIB)

Waktu

Kegiatan

08.00 - 08.30

Main bebas di luar

08.30 - 08.45

Pembukaan / absen

08.45 - 09.15

Kegiatan Kelompok / Kegiatan Ekstrakurikuler / Kegiatan Khusus

09.15 - 09.45

Makan

09.45 - 10.15

Kegiatan Kelompok / Kegiatan Ekstrakurikuler / Kegiatan Khusus

10.15 - 10.45

Menyanyi

10.45 - 11.00

Literasi awal

11.00 - 11.30

Main bebas di dalam

11.30 - 11.45

Evaluasi dan pulang

Keterangan:
- Kegiatan Kelompok : Matematika/Tema
- Kegiatan Ekstrakurikuler : Bahasa Inggris/Sains/ Creative Movement
- Kegiatan Khusus : Bercerita/Latihan Motorik Halus


- Pada hari Senin minggu kedua setiap bulan dilaksanakan Upacara Bendera yang bertujuan memperkenalkan anak dengan kegiatan yang akan dijumpainya di jenjang pendidikan berikutnya. Anak akan menjadi peserta barisan bersama dengan murid kelas Lebah (jenjang TK B) dan akan menyaksikan kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Jadwal Kegiatan Jumat (08:00-11:15 WIB)

Waktu

Jumat

08.00 - 08.30

Main bebas di luar

08.30 - 08.45

Pembukaan / absen

08.45 - 09.15

Literasi awal

09.15 - 09.30

Makan

09.30 - 10.00

Menyanyi

10.00 - 10.30

Friday Optional

10.30 - 11.00

Main bebas di dalam

11.00 - 11.15

Evaluasi / pulang


Friday Optional:
Program kegiatan seputar topik bahasan tertentu (Project Approach)



MATERI PROGRAM PENDIDIKAN USIA 4 TAHUN


Materi yang diberikan oleh Guru Kelas

pageimage.gif

Kegiatan Bebas di Luar, memberi kesempatan kepada anak untuk bermain di halaman berumput yang dilengkapi dengan berbagai peralatan yang dapat merangsang pengembangan motorik kasar sesuai minatnya. Selama periode ini anak dapat bersosialisasi dengan teman dan guru melalui berbagai permainan kelompok dan merupakan waktu pemanasan sebelum kegiatan di dalam ruangan dimulai. 

Pembukaan, merupakan kesempatan bagi guru dan anak untuk membicarakan pelaksanaan kegiatan pada hari tersebut, pembagian tugas mingguan serta pengumuman-pengumuman lainnya. Di semester kedua anak akan diperkenalkan pada kalender dengan menempatkan tanggal, bulan, dan tahun.


Kegiatan Ekstrakurikuler, mencakup kegiatan Ilmu Pengetahuan Alam Dasar (Sains); pengenalan Bahasa Inggris dan Creative Movement. Kegiatan ekstrakurikuler ini diberikan satu minggu satu kali.

 

193.gif

Kegiatan Khusus, terdiri dari kegiatan Bercerita dan Latihan Motorik Halus. Kegiatan Bercerita, meliputi kegiatan mendengarkan cerita, yang bertujuan meningkatkan kemampuan anak mendengarkan dan mengekspresikan diri secara verbal.
Kegiatan motorik halus meliputi latihan pengembangan motorik halus yang menggunakan berbagai alat dan media dengan penekanan pada koordinasi mata dan tangan serta pelenturan otot-otot tangan dan jari sebagai persiapan kemampuan menulis.


194.gif

Kegiatan Kelompok, mencakup pembahasan materi sesuai tema serta konsep kognitif/matematika dasar.


191.gif

Kegiatan Kelompok di Meja, meliputi pelaksanaan sebuah tugas dalam kelompok sebagai kelanjutan dari kegiatan kelompok yang membahas sebuah tema dan konsep kognitif/ matematika dasar tertentu.

 

Tema
Materi sebuah tema biasanya dibahas selama satu bulan. Tema-tema yang akan dibahas sepanjang tahun ajaran adalah : Kelasku; Aku Istimewa; Pantai dan Laut; Tubuhku; Pelangi; Mainan; Kesehatan dan Kebersihan; Keselamatan Diri; Kebunku; Lingkungan di Sekitarku; Keliling Indonesia; Kehidupan di Desa dan Kebun Binatang.
Sebagai salah satu upaya untuk selalu memberikan pengetahuan baru secara konkrit, bervariasi dan menarik kadangkala materi pengajaran diberikan dengan cara bercerita dan mengundang narasumber/tamu ahli, seperti penyelam, ahli nutrisi dan berbagai profesi lain yang menunjang materi.

Konsep Kognitif / Matematika Dasar

Melalui pembahasan konsep kognitif dan matematika dasar anak belajar mencocokkan, mengklasifikasi, menjodohkan dan menyusun benda-benda menurut warna, bentuk, panjang, ukuran, jenis dan jumlahnya. Selain itu anak juga diperkenalkan bentuk bangun datar (dua dimensi) dan bentuk bangun ruang (tiga dimensi) dengan masing-masing karakteristiknya.Program matematika selanjutnya adalah membantu anak menguasai kemampuan berikut: 
• Mengenal angka 1 s/d 20 (dengan penekanan pada 10 s/d 20) dan mengerti hubungan antara satu bilangan dengan yang lainnya, termasuk mengurutkan dan menuliskan.
• Menghitung 1 s/d 20 (dengan penekanan pada 10 s/d 20) dan mengerti hubungan antara satu bilangan dengan yang lainnya dan mengerti konsep konservasi bilangan.
• Bangun datar (dua dimensi) dan bangun ruang (tiga dimensi).
• Pengenalan konsep ″tambah dan ″kurang dan dapat melakukan operasi tersebut secara konkrit.
• Mengukur panjang, volume, berat dengan alat ukur konkrit sederhana.
• Mengidentifikasi, mengikuti dan membuat pola.
• Memahami penggunaan charts untuk menampilkan berbagai informasi.

192.gif

Kegiatan Makan Bersama, digunakan untuk makan dan minum, melepas lelah sambil bersosialisasi.

Kegiatan Literasi Awal, meliputi pengenalan abjad dan menulis huruf serta pengenalan kata-kata sesuai tema yang terdiri dari dua suku kata.

Kegiatan Literasi Awal di Meja, merupakan kelanjutan pembahasan materi literasi dimana anak diminta untuk menyelesaikan sebuah tugas sebagai pendukung pemahaman materi yang diberikan.

TK_A_Kegiatan_Menyanyi.jpg
Kegiatan Menyanyi Bersama, memberi pengalaman musik dasar berupa menyanyi; fingerplay; mengenal ritme, irama dan melodi; memainkan alat musik sederhana dan bergerak menurut irama. Lagu-lagu yang dinyanyikan merupakan gabungan lagu-lagu berbahasa Indonesia dan Inggris. Melalui kegiatan ini, anak juga diperkenalkan huruf-huruf dalam abjad (besar dan kecil) dan urutannya.

 196.gif

Kegiatan Sudut Belajar (Learning Centers), memberi kesempatan kepada anak untuk berlatih berbagai keterampilan dan mengembangkan imajinasi serta kreativitasnya secara mandiri atau bersama teman di sudut-sudut berikut: Permulaan Menulis; Permulaan Membaca; Perpustakaan; Mendengarkan cerita atau lagu; Konstruksi/Balok; Bermain Peran; Manipulatif/Playdough atau Card/Board Games, Seni dan Komputer. Dalam periode ini guru tetap memberikan perhatian dan bimbingan yang diperlukan.

Kegiatan Seputar Topik di Hari Jumat, merupakan sebuah program khusus menurut pembahasan topik tertentu (project approach) dengan penekanan pelaksanaan pada pengembangan bahasa (termasuk panggung boneka), memasak, seni dan bermain peran.


199.gif

Kegiatan Karyawisata
Pada setiap semester anak mengikuti kegiatan karyawisata untuk mendapat pengalaman belajar langsung dari lingkungan di luar sekolah sesuai tema yang dipelajari.

Materi Ekstrakurikuler


science_2.jpg
Sains, mencakup pengenalan konsep-konsep dasar sains yang ditemui anak dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan observasi dan percobaan-percobaan sederhana. Topik pembahasan mencakup Makhluk Hidup, Jenis-Jenis Benda, Bumi dan Luar Angkasa, Mesin dan Teknologi Sederhana. Program dan pelaksanaan kegiatan ini di bawah bimbingan guru spesialis.

 


Creative Movement, meliputi latihan koordinasi gerak, keseimbangan, kesadaran terhadap tubuh (body awareness), kesadaran terhadap ruang (spatial awareness) dan kesadaran terhadap musik dan ritme lagu dengan melakukan berbagai gerakan kreatif. Program dan pelaksanaan kegiatan ini di bawah bimbingan guru spesialis.

200.gif


Bahasa Inggris, meliputi pengenalan kata-kata Bahasa Inggris yang berkaitan dengan pengetahuan lingkungan dan konsep kognitif anak usia prasekolah yaitu Pets, Fruits, Farm Animals, Vegetables, Colours, Transportation, Shapes, In & Out, Up & Down, Body Parts, Numbers (1-10); Melalui kegiatan Learning Games anak dilatih pemahaman dan pengucapan kata-kata dan konsep-konsep tersebut serta dibiasakan untuk mendengarkan dan menerapkan instruksi dalam bahasa Inggris. Program dan pelaksanaan kegiatan ini di bawah bimbingan guru spesialis.

627.gif

Komputer, merupakan pengenalan perangkat komputer dan penggunaannya secara sederhana. Program software edukatif yang diperkenalkan berkisar pada ketrampilan mewarnai, mengenal bentuk dan pola, klasifikasi, mengenal dan menghitung angka, pengenalan huruf dan mencocokkan huruf. Kegiatan dilakukan anak secara bergilir dalam Kegiatan Sudut Belajar (Learning Center).


KEGIATAN PERPUSTAKAAN

Meliputi pembacaan buku cerita oleh Pustakawati dan peminjaman buku oleh anak untuk dibawa pulang dari perpustakaan Kepompong sebanyak 2 kali seminggu. Kegiatan ini dilakukan sebagai rangsangan bagi anak untuk menyukai membaca dan terbiasa untuk dibacakan.

TK_A_Pesta_Kartini.jpg

TK_A_Pesta_Gong_Xi_Fa_Cai.jpg

KEGIATAN BERKALA
Untuk memastikan program kegiatan selalu bervariasi maka berbagai kegiatan tambahan dilakukan secara berkala. Kegiatan memasak sederhana dan panggung boneka dilaksanakan setiap bulan. Selain itu sepanjang tahun ajaran diadakan berbagai acara perayaan hari-hari istimewa seperti Perayaan Hari Anak dan Kemerdekaan RI, Pesta Ketupat, Pesta Akhir Tahun, Pesta Abjad dan Pesta Budaya Indonesia.

 

KEGIATAN PARTISIPASI ORANG TUA
Kegiatan istimewa yang melibatkan partisipasi orang tua diadakan dua kali dalam setahun ajaran yaitu Pesta Seni dan Pertunjukan Kepompong.
Pesta Seni merupakan hari anak dan orangtua dimana anak bersama dengan orang tuanya melakukan berbagai karya seni di sudut-sudut kegiatan yang disediakan.
Sedangkan Pertunjukan Kepompong merupakan suatu kegiatan dimana orang tua dapat menyaksikan anaknya menyanyi, menari atau bersandiwara di atas panggung dengan menggunakan kostum. Acara kemudian dilanjutkan dengan lomba permainan berhadiah yang dilakukan oleh anak beserta orang tuanya. Kedua acara ini merupakan gabungan kegiatan bagi anak kelas Kupu-Kupu (jenjang TK A) dan Lebah (jenjang TK B).

 

TK_A_Visitor_Arsitek.jpg


Selain kedua acara tersebut di atas Orang Tua juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan tema di kelas misalnya dengan bercerita mengenai profesinya atau mendemonstrasikan keahliannya kepada anak-anak seperti, ahli gizi, arsitek, penyanyi, pendongeng, pemain drama dan sebagainya.